Agustian, Aji (2018) ANALISIS KARYA MUSIK YENI ARAMA BERJUDUL MANAS (STUDI TENTANG LANGKAH KOMPOSITORIS DALAM KASUS PERBENTURAN TONALITAS). S1 thesis, FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN.
|
Text
Aji Agustian-Etno.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Skripisi ini adalah sebuah teks dengan judul ”Analisis Karya Musik Yeni Arama Berjudul Manas (Studi Tentang Langkah Kompositoris Dalam Kasus Perbenturan Tonalitas)”. Lahirnya dilatarbelakangi oleh dialektika dua budaya di dalam musik Manas karya Yeni Arama. Kontak budaya tersebut adalah musik Barat dan Karawitan Jawa. Dua wilayah musik itu ketat dengan disiplin masing-masing dan sulit untuk disatukan. Persoalan yang muncul dalam bangunan musik Manas adalah tentang kecerdikan menyiasati tonalitas dengan membentuk harmoni ’baru’ dan berbagai langkah kompositoris untuk mengecoh perbenturan tonal. Persoalan yang ingin dijelaskan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana latar belakang ide penciptaan karya musik Manas yang melibatkan percampuran tonalitas Karawitan Jawa dengan Barat? 2) Bagaimana langkah-langkah kompsitoris yang dilakukan Yeni Arama guna mengatasi persoalan tonal dalam karya musik Manas? 3) Bagaimana produk inovasi yang muncul dari langkah kompositoris Yeni Arama dalam mengatasi persoalan tonal tersebut? Penelitian ini dilakukan secara kualitatif etnografi, menggunakan versinya Bronislaw Malinowski dan James Spreadly, dengan penekanan pada metode partisipasi dan studi dokumen. Lebih lanjut untuk mengungkap permasalahan yang diajukan, digunakan konsep penciptaan seni milik Bambang Sunarto dan konsep tonalitas miliknya Dieter Mack. Setelah melalui proses analisis, ditemukan kesimpulan dan temuan sebagai berikut. Pertama, penciptaan musik karya Manas dengan melibatkan dua wilayah tonal, adalah berakar dari manifestasi dari perjalanan kesenimanannya dengan berbagai seniman. Kedua, pembenturan tonal pada karya Manas juga ditengarai oleh kebutuhan musikal dari gagasan karya Manas itu sendiri. Yeni mengakui bahwa pembenturan tonal yang terjadi memang merupakan situasi musikal yang justru diharapkan muncul. Ketiga, Yeni melakukan pengecohan dis-harmoni dengan menfokuskan garapannya pada bentuk-bentuk keindahan kalimat lagu. Keempat, melakukan percobaan kompositoris dengan menemukan interval baru dari jalan mengimitasi nada-nada slendro pada nada-nada instrumen berlaras pelog. Langkah ini membuat keunikan tonal namun masih dalam toleransi pendengaran karena jarak interval yang sangat kecil selisihnya. Kata Kunci: Karya Musik Manas, Penciptaan Musik, Langkah Kompositoris dan Tonalitas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Karya Musik Manas, Penciptaan Musik, Langkah Kompositoris dan Tonalitas. |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 03 Jan 2019 06:51 |
Last mod: | 03 Jan 2019 06:51 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2966 |
Actions (login required)
View item |