STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM ACARA WEDANG RONDE SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN DI ADiTV YOGYAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Purwaningsih, Sri Cahyani Putri (2018) STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM ACARA WEDANG RONDE SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN DI ADiTV YOGYAKARTA. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Sri Cahyani Putri.pdf

Download (33MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

ABSTRAK STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM ACARA WEDANG RONDE SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN DI ADiTV YOGYAKARTA (Sri Cahyani Putri Purwaningsih, 2018, xiii, 125 halaman) Skripsi Sarjana (Strata-1), Program Studi Televisi dan Film, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Penelitian mengenai strategi kreatif bermula adanya salah satu program acara unggulan Wedang Ronde di stasiun ADiTV Yogyakarta. Program acara variety show tersebut telah diproduksi sejak tahun 2013 hingga sekarang sebanyak 300 episode. Penelitian ini mengambil fokus bagaimana strategi kreatif produser diterapkan pada program acara Wedang Ronde sebagai program unggulan di ADiTV Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi secara langsung maupun tidak langsung. Strategi kreatif yang diterapkan produser dikemas secara komedi dengan menggunakan pembawa acara, home band, dengan mendatangkan bintang tamu. Produser juga menerapkan strategi kreatif pada tahap praproduksi dalam menentukan judul program, target penonton, jam tayang, skenario, metode produksi, estimasi dana, bahasa naskah, format acara, gimmick secara improvisasi, funfare di setiap akhir segmen 4, clip hanger yang tidak selalu terdapat pada setiap episodenya, penggunaan tune dan bumper, penataan artistik yang sederhana, musik maupun fashion yang disesuaikan dengan tema, logo dan musik track, general rehearsal yang dilakukan hanya reading naskah dan sound serta interactive program yang dilakukan secara searah. Selain itu strategi kreatif juga terdapat pada pengambilan gambar dengan berbagai shot, editing dilakukan dengan menyamakan durasi, evaluasi dilakukan dengan rapat seminggu sekali dengan tim produksi, penyimpanan hasil produksi dengan menggunakan media mini DV serta promosi dilakukan secara off air maupun melalui media sosial. . Kata kunci: strategi kreatif, produser, program acara unggulan Wedang Ronde

Type: Thesis (S1)
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: Pascasarjana
Datestamp: 26 Dec 2018 05:09
Last mod: 26 Dec 2018 05:09
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View item View item