USULAN PROGRAM IPTEKS BAGI MASYARAKAT (IbM) IbM PELATIHAN KERAJINAN SEPATU LUKIS UNTUK SISWA SLB (SEKOLAH LUAR BIASA) DI SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Handriyotopo, Handriyotopo and Prilosadoso, Basnendar Herry and Rachman, Anung (2013) USULAN PROGRAM IPTEKS BAGI MASYARAKAT (IbM) IbM PELATIHAN KERAJINAN SEPATU LUKIS UNTUK SISWA SLB (SEKOLAH LUAR BIASA) DI SURAKARTA. Other. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Handriyotopo_PT_HIBM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Istilah penderita atau penyandang cacat cenderung membangun anggapan bahwa kecacatan adalah suatu beban dan dijadikan stigma negatif dalam masyarakat yang menutup kesempatan bagi kelompok difable untuk ikut berpartisipasi dalam masyarakat. Jaminan atas kemudahan fasilitas difable tersebut harus disediakan pemerintah dalam mewujudkan kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan. Siswa berkebutuhan khusus sebagai bagian dari difable yang mempunyai kekurangan tetapi hal tersebut tidak mengurangi kesempatan yang sama dalam menimba ilmu dan menerima akses informasi mengenai ketrampilan sepatu lukis. Pelatihan keterampilan sepatu lukis bagi siswa SLB (Sekolah Luar Biasa) sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat khususnya Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, dimana pelatihan ini akan memberi keterampilan di bidang kerajinan sepatu lukis. Pelatihan ketrampilan sepatu lukis ini dipilih berdasarkan bahwa ketrampilan ini hasil dari kerajinan sepatu lukis sangat prospektif sebagai bagian dari perkembangan industri kreatif di Indonesia, ketrampilan yang menghasilkan sebuah karya kerajinan dengan penekanan pada karya handmade dan aspek orisinalitas (satu pasang sepatu lukis dengan satu desain). Melalui penggabungan antara teori dan praktek melalui media pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, sehingga materi ketrampilan sepatu lukis dapat diterima oleh peserta dari SLB sebagai mitra Ipteks Bagi Masyarakat. Sepatu lukis masih menggunakan teknologi yang sederhana dan manual, sehingga para penyandang khusus (difable) masih mampu membuat kerajinan tersebut. Selain itu, masih minimnya pelatihan baik formal maupun informal yang memberikan materi pelatihan sepatu lukis, ketrampilan ini tidak memerlukan modal yang besar, tidak memerlukan tempat yang luas, serta masih luas pangsa pasar dalam menerima hasil karya sepatu lukis. Pelatihan ketrampilan sepatu lukis yang mencoba diterapkan bagi para siswa SLB (Sekolah Luar Biasa), akan memberi penekanan kepada aspek pengajaran sebagai unsur pokok melalui penggunaan aspek media pembelajaran yang sesuai dan efisien. Kondisi mitra kegiatan IbM tersebut yaitu SLB Bina Karya Insani, Karanganyar dan SLB Panca Bakti Mulia, Surakarta mempunyai tiga aspek permasalahan, yaitu : masih kurangnya perhatian masyarakat dan pemerintah dalam menyelenggarakan pelatihan keterampilan untuk memberi bekal selain sebagai mengasah mental dan ketrampilan, juga bisa membuka kreativitas dan jiwa entrepreunership kepada siswa SLB dari kedua mitra IbM tersebut, masih minimnya aksesbilitas akan pelatihan ketrampilan sepatu lukis dan jenis ketrampilan lainnya dalam kegiatan untuk meningkatkan skills yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan sebagai bekal untuk berbaur dan hidup bermasyarakat, dan adanya kendala media pembelajaran yang disebabkan oleh belum ada lembaga lembaga pelatihan ketrampilan yang menyediakan media yang tepat dalam proses pembelajarannya kepada siswa SLB.

Type: Monograph (Other)
Not controling keyword: Ketrampilan Sepatu Lukis, Siswa SLB, Media Pembelajaran
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 16 Oct 2018 06:49
Last mod: 16 Oct 2018 06:49
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View item View item