PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN MEGURU KUPING DAN MEGURU PANGGUL DALAM PENGAJARAN KARAWITAN JAWA DI STSI SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Saba, I Ketut (2006) PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN MEGURU KUPING DAN MEGURU PANGGUL DALAM PENGAJARAN KARAWITAN JAWA DI STSI SURAKARTA. Bheri Jurnal Ilmiah Musik Nusantara, 5 (1). pp. 59-68. ISSN 1415-6508

[img]
Preview
Text
I Ketut Saba 2006.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran merupakan cara yang ditempuh oleh komponen lembaga pendidikan untuk mencapai sasaran pcndidikan yang optimal baik formal maupun non formal. Umumnya beragam model pembelajaran diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan seperti STSI Surakarta sebagai salah satu perguruan tinggi seni negeri yang bergerak dalam dua ranah pokok yaitu ilmu dan seni sebagai bidang kajiannya. Dalam operasional kegiatannya STSI Surakarla menerapkan berbagm model pembelajaran diantaranya model ceramah, diskusi, latihan/praktek, penulisan notasi, mendengarkan rekaman vidio, audio dan sebagainya. Model pembelajaran "Meguru kuping dan Meguru panggul" sebagai salah satu model pembelajaran karawitan tradisional Bali kini diperkenalkan di Jurusan Karawilan STSI Surakarta. Model ini diterapkan dalam mata kuliah praktik Karawitan Jawa. Model ini menekankan pada ketajaman pendengaran dan penglihatan peserta ajar dalam menangkap contoh yang diberikan sang pengajar. Tujuan yang ingin dicapai agar peserta ajar dapat menguasai materi ajar dengan cepat dan tidak mudah lupa kendati tidak melalui jembatan notasi yang tidak dapat mewakili sepenuhnya terrhadap garap ricikan tertentu

Type: Article
Not controling keyword: meguru kuping, pengajar gending, notasi
Subject: 1. ISI Surakarta > Karawitan
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Karawitan
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 06 Aug 2018 04:46
Last mod: 06 Aug 2018 04:46
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2515

Actions (login required)

View item View item