STUDI PEMBUATAN MODEL KERAMIK MOZAIK SEBAGAI ELEMEN ESTETIS DINDING BERNUANSA LOKAL LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN HIBAH BERSAING

Downloads

Downloads per month over past year

Cholis, Henry and Yustana, Prima (2016) STUDI PEMBUATAN MODEL KERAMIK MOZAIK SEBAGAI ELEMEN ESTETIS DINDING BERNUANSA LOKAL LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN HIBAH BERSAING. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
laporan_akhir_HENRI_CHOLIS.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian tahun ke dua ini merupakan studi penciptaan yang fokus pada aplikasi keramik mozaik dalam bentuk prototype dan sekaligus studi strategi brandingnya, dari model desain kemasan dan iklan yang berbasis budaya (visual) lokal. Oleh karena itu, proses penelitian ini lebih pada ranah distribusi produk. Elemen-elemen yang akan diteliti antara lain adalah pembuatan desain kemasan produk keramik mozaik dengan mempertimbangkan 10 prinsip desain produk industri yang baik, yaitu inovatif, fungsi-guna, estetika, mudah dipahami, jujur, uptodate, detil, nyaman di mata, dan ramah lingkungan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, studi pustaka, studi referensi dan wawancara mendalam yang terus berkembang sesuai dengan jalannya penelitian. Seluruh data yang diperoleh akan dikelompokkan sesuai dengan teknik pengumpulan data dan bidang permasalahan sesuai dengan rumusan penelitian. Data tersebut kemudian dicross check untuk dicari kesamaan-kesamaannya. Hasil kesamaan pernyataan dan temuan lapangan (hasil observasi) tersebut yang kemudian dianggap oleh peneliti sebagai data penelitian yang valid, dan hanya data yang valid inilah yang dianalis dan dikembangkan menjadi kesimpulan oleh peneliti. Simpulan inilah yang menjadi dasar proses penciptaan prototype kemasan dan branding produk. Pada tahap II ini peneelitan ini masih meneruskan tahapan proses tahap I dimana prototipe keramik mozaik (mural ) ide wayang beber diaplikasikan pada dinding kampus , juga dalam tahap II ini membuat protipe 10 desain keramik mozaik ukuran sedang dan juga 1 desain dibuat aplikasinya. Pada tahap II juga ditekankan aspek branding produk dari keramik mozaik denganmenggunakan strategi promosi membuat brosur , logo kemasan, pameran dan disebarkan di sosial media ,fecebook, koran dan koran. Penelitian ini menghasilkan luaran yang berbentuk desain dan produk seni mozaik dan prototype kemasan produk keramik mozaik bermuatan lokal dan artikel ilmiah dalam jurnal nasional , juga dibuat beberapa bentuk strategi pemasaran yaitu varian branding (x-banner, brosure, logo kemasan).

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Keramik mozaik, branding produk, mural
Subject: 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 10 Apr 2018 03:06
Last mod: 10 Apr 2018 03:06
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2333

Actions (login required)

View item View item