IDENTITAS VISUAL UNTUK MEMBANGUN DESTINATION BRANDING KELURAHAN BALUWARTI DI KAWASAN KRATON SURAKARTA SEBAGAI KAMPUNG WISATA BUDAYA LAPORAN AKHIR TAHUN IIPENELITIAN HIBAH BERSAING

Downloads

Downloads per month over past year

Zarkasi, Much. Sofwan and Panindias, Asmoro Nurhadi (2016) IDENTITAS VISUAL UNTUK MEMBANGUN DESTINATION BRANDING KELURAHAN BALUWARTI DI KAWASAN KRATON SURAKARTA SEBAGAI KAMPUNG WISATA BUDAYA LAPORAN AKHIR TAHUN IIPENELITIAN HIBAH BERSAING. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
laporan_akhir_MUCHAMMAD_SOFWAN_ZARKASI_S_Sn___M_Sn_.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian Hibah Bersaing yang mengambil judul Identitas Visual Untuk Membangun Destination Branding Kelurahan Baluwarti Di Kawasan Kraton Surakarta Sebagai Kampung Wisata Budaya, tahun ke 2 (dua) ini bertujuan mengembangkan identitas visual hasil dari penelitian tahun 1 (pertama) menjadi prototype buku Graphic Travelogue Baluwarti. Metode yang digunakan untuk merealisasikan prototype buku Graphic Travelogue Baluwarti, untuk menentukan subyek informasi terkait destinasi kawasan Baluwarti menggunakan pendekatan akan nilai historis dan budaya yag ada di Baluwarti. Secara lebih spesifik Lynch1 mengemukakan adanya lima elemen yang membentuk citra kawasan, yaitu: Path ( jalur ), Edge ( tepian ), District ( kawasan ), Nodes (simpul), Landmark ( Tetenger ) dan ditambah Consumers journey. Adapun secara visual untuk kebutuhan perancangannya memanfaatkan pedekatan estetika yang ada pada Street Photography dan Scrapbook.. Hasil dari penelitian tahun ke 2 ini adalah buku “Graphic Travelogue, Jelajah Baluwarti, yang merupakan salah satu strategi pendukung dalam aplikasi identitas visual Baluwarti dalam rangka membangun destination branding Kalurahan Baluwarti sebagai kampung wisata budaya. Desain yang mengambil pendekatan gaya estetika yang ada pada Street Photography dan Scrapbook, yang dinamis untuk mempengaruhi konsumen remaja atau anak muda untuk berkunjung ke Baluwarti. Penelitian ini juga mentargetkan pendaftaran HaKI dari desain identitas visual yang telah dibuat yang memberikan posisi yang kuat terhadap branding Baluwarti dalam aspek pembeda dengan obyek wisata yang lain

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Identitas Visual, Graphic Travelogue, Baluwarti
Subject: 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 09 Apr 2018 04:46
Last mod: 09 Apr 2018 04:46
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View item View item