Pandanwangi, Brilindra (2017) RETORIKA VISUAL PRINT AD MENTOS LOOK WE HAVE GUM. S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.
|
Text
Tesis Brilindra Pandanwangi.pdf Download (82MB) | Preview |
Abstract
INTISARI RETORIKA VISUAL PRINT AD MENTOS LOOK WE HAVE GUM. Brilindra Pandanwangi, 2017. Tesis Program Pascasarjana Penciptaan dan Pengkajian Seni Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, pengkajian seni rupa. Tesis ini membahas tentang proses retorika visual pada promosi permen karet produk Mentos, yaitu print ad Mentos Look we have GUM!. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap proses komunikasi simbol-simbol visual pada Print ad Mentos Look we have GUM melalui perspektif retorika visual. Untuk mencapai tujuan, dibutuhkan metode penilitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data telaah dokumen, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian (1) menghasilkan perspektif retorika visual analisis nature yang berfokus pada dua bagian utama yaitu suggested elements dan presented elements. Untuk mengembangkan visualisasi yang efektif keduanya harus diaplikasikan pada saat memper-siapkan maupun mengimplementasikan iklan. Data yang ada menunjukkan bahwa konteks dan konten dari media berperan penting dalam perwujudan visualisasi Print ad Mentos Look we have GUM!. (2) print ad Mentos Look we have GUM! menyampaikan pendekatan rasionalnya melalui elemen visual tangan yang menggenggam produk permen karet Mentos. Sedangkan pendekatan emosionalnya terletak pada informasi seksual dan daya tarik humor yang diperagakan oleh masing-masing model pada masing-masing Print ad Mentos Look we have GUM!. Hal tersebut juga didukung oleh argumen dari beberapa pengamat dan target audiences. Hadirnya proses persuasi Print ad Mentos Look we have GUM! adalah suatu strategi yang berkaitan dengan konten dari majalah yang menjadi penempatannya. (3) menghasilkan (a) Identitas karakter pada karakter pesan Print ad Mentos Look we have a GUM! peneliti menggunakan model dari Roland Barthes, yaitu: pesan linguistik, kode ikonik yang tersampaikan, dan kode ikonik yang tak tersampaikan. Ketiga model tersebut, menunjukkan kerakteristik pesan yang menarik perhatian dan bertujuan untuk menginformasikan produk permen karet Mentos. (b) komunikasi visual digunakan untuk menjelaskan setiap elemen visual pada print ad Mentos yang memiliki peran penting untuk menciptakan pesan yang menarik perhatian. Yang perlu digarisbawahi di sini adalah karakteristik visual pada iklan akan membantu setiap orang menjelaskan kompleksitas komunikasi visual saat memproses informasi visual dan memproduksi makna dari iklan. Kata Kunci: Retorika Visual, Print ad, Proses Persuasi, Identitas Karakter
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Divisions: | Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2) |
User deposit: | Pascasarjana |
Datestamp: | 02 Feb 2018 05:46 |
Last mod: | 02 Feb 2018 05:46 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
View item |