KAJIAN SENI LUKIS KARYA SUATMADJI TEMA SAVE THE CHILDREN PERIODE 2004-2013

Downloads

Downloads per month over past year

Wulandari, Diyah Eka (2016) KAJIAN SENI LUKIS KARYA SUATMADJI TEMA SAVE THE CHILDREN PERIODE 2004-2013. Jurnal Brikolase, 8 (1). pp. 1-11. ISSN 2087 - 0795

[img] Text
1723 - Published Version

Download (17kB)
Official url: http://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/brikolase/is...

Abstract

Pokok bahasan artikel ini adalah: perjalanan seni lukis karya Suatmadji, dengan tema "Save The Children", periode 2004-2013, proses penciptaan seni lukis karya Suatmadji, dan estetika seni lukis karya Suatmadji dengan tema "Save The Children", periode 2004-2013. Pendekatan penelitian menggunakan teori estetika dari Teori Monroe Beardsley untuk menganalisis bentuk lukisan. Pendekatan penelitian lainnya dengan menggunakan aspek teknis dengan analisis interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suatmadji adalah seniman yang memiliki gaya seni lukis kontemporer dengan teknik mixed media, menggunakan medium readymade (barang jadi). Bagi Suatmadji, kontemporer adalah sarana komunikasi. Selain itu, Suatmadji tetap memasukan elemen-elemen tradisional berupa aksen-aksen Jawa yang kental. Semua karya Suatmadji mengharapkan kesederhanaan, kejujuran kedamaian, bagi kehidupan masyarakat dengan konsep jawa sebagai pendidikan budi pekertinya. Lewat metode analisis Interpretasi pada lukisan Suatmadji dapat mengetahui bahwa karya Suatmadji tema Save The Children periode 2004-2013 menggunakan asas informal (tidak simetris) untuk menggekspresikan makna agar dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh penikmat. Kata kunci : Seni lukis, Suatmadji, Save The Children periode 2004-2013

Type: Article
Not controling keyword: Seni lukis, Suatmadji, Save The Children
Subject: 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 02 Jan 2018 03:47
Last mod: 02 Jan 2018 03:47
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View item View item