Syafi’i, Achmad (2016) PELATIHAN SABLON DENGAN TEKNIK COLET CRAYON BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB BINA KARYA INSANI KARANGANYAR. Jurnal Abdi Seni, 7 (1). pp. 1-9. ISSN 2087-1756
Text
1751 - Published Version Download (17kB) |
Abstract
Usaha sablon masih memiliki peluang besar untuk dijadikan kegiatan wirausaha yang potensial. Pelatihan sablon dengan teknik colet crayon diajarkan kepada siswa berkebutuhan khusus (difabel) di SMPLB dan SMALB Bina Karya Insani, yang bertujuan menyiapkan keterampilan kepada para siswa SLB agar mendapatkan pengakuan dan mampu mandiri di masyarakat selain dapat digunakan untuk berwirausaha. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan 40 siswa Tunarungu-wicara (B) dan Tunagrahita (C). Teknik pelaksanaannya menggunakan metode”brainstorming” dan metode tindakan kelas khusus. Metode brainstorming digunakan agar para peserta workshop aktif mengeluarkan ide-ide mereka dalam bentuk rancangan visual yang akan ditransfer pada kertas melalui sablon dengan teknik colet crayon. Sedangkan metode tindakan kelas khusus yang dimaksud, yaitu dengan pendekatan persuasif, sebab orang-orang berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian yang lebih. Sehingga dengan pendekatan individual dalam memancing ide dan imajinasi mereka, diharapkan kreativitas para siswa terasah dan berkembang dengan baik. Kata Kunci: Colet Crayon, Sablon, Siswa Berkebutuhan Khusus
Type: | Article |
---|---|
Not controling keyword: | Colet Crayon, Sablon, Siswa Berkebutuhan Khusus |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Fotografi |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Photograpy |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 29 Dec 2017 03:17 |
Last mod: | 29 Dec 2017 03:17 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1842 |
Actions (login required)
View item |