Rianto, Jaka (2016) KREATIVITAS PEDALANGAN DI SANGGAR SEKAR JAGAD DALAM UPAYA MEMPERKUAT SANGGAR SEBAGAI PELOPOR PENGGERAK KESENIAN MASYARAKAT SUKOHARJO. Jurnal Abdi Seni, 7 (2). pp. 141-149. ISSN 2087-1756
Text
1779 - Published Version Download (17kB) |
Abstract
Sanggar Sekar Jagad telah memiliki satu perangkat gamelan slendro pelog, boneka wayang satu kotak, dan tempat latihan yang cukup luas. Akan tetapi, sampai saat ini sanggar belum memiliki pelatih tetap. Para siswa belajar dengan bimbingan dari pelatih yang sukarela datang. Apabila tidak ada pelatih maka para siswa belajar mandiri dengan melihat rekaman audio visual pertunjukan wayang. Berdasarkan permasalahan sanggar tersebut maka diadakan pelatihan dari dosen. Metode pelatihan yang digunakan berupa ceramah, apresiasi, dan demonstrasi. Berdasarkan metode tersebut maka pelatihan yang berlangsung selama 42 kali dapat dikatakan berhasil. Siswa sangggar Sekar Jagad dapat menguasai vokabuler sabet, catur, dan iringan yang diberikan oleh pelatih. Kata kunci: Sanggar, Sekar Jagad, pertunjukan wayang, pelatihan.
Type: | Article |
---|---|
Not controling keyword: | Sanggar, Sekar Jagad, Wayang, Pelatihan, |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Pedalangan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Pedalangan |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 29 Dec 2017 01:19 |
Last mod: | 29 Dec 2017 01:19 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1828 |
Actions (login required)
View item |