Sukatno, Sukatno (2016) PEMBINAAN DALANG CILIK DI SANGGAR PEPADI KABUPATEN KARANGANYAR MERUPAKAN WADAH UNTUK MENJAGA WAYANG KULIT TETAP LESTARI. Jurnal Abdi Seni, 7 (2). pp. 184-200. ISSN 2087-1756
Text
1789 - Published Version Download (20kB) |
Abstract
Pembinaan bakat dalam seni pedalangan pada anak usia dini adalah pembentukan karakter untuk anakanak, sebagai artis Dalang potensial. Pembinaan bakat disalurkan dalam ekspresi seni pedalangan serta pembangunan karakter bagi calon seniman dalang. Berkaitan dengan sistem pembelajaran bagi anak-anak berbakat, Dewan Pepadi memiliki misi dan visi yang item yang sangat mulia, yaitu untuk mencerdaskan bangsa sesuai dengan bakat generasi Dalang Pewaris muda. papan Karanganyar Pepadi dengan misi ini akan memberikan pelatihan dan pada briefing yang sama pada konsep pakeliran Terdiri dan solid untuk Dalang muda usia 10-15 tahun. Dengan tujuan, sehingga dalang kecil dalam menghadapi Little gelar Budaya Dalang Mei 2015 di Karanganyar, benar-benar memahami dan menguasai semua elemen yang terkandung dalam pakeliran. Jadi untuk dalang kecil yang sudah mulai mendapatkan pasar di masyarakat baik di tingkat nasional dan internasional lebih sadar akan konsep dasar yang terkandung dalam ringkasan dan rancangan pakeliran Terdiri dan pakeliran Solid. Pengembangan bidang pedalangan terutama untuk anak-anak sehingga Diperlukan untuk perhatian serius, mengingat meningkatnya jumlah anak-anak yang jauh dan tidak tahu ownculture tersebut. Perlu tradisi kegiatan apresiasi seni melalui tas seni sebagai wadah untuk kepentingan anak dan bakat di bidang puppetry.Throughart sedikit judul kegiatan Dalang sebagai salah satu acara untuk mengakomodasi berbagai kreativitas anak-anak untuk menumbuhkan rasa persaudaraan, Meningkatkan minat dan bakat dan motivasi sehingga anak-anak mampu bersosialisasi dengan Ulasan rekan-rekan mereka, sehingga mereka dapat belajar seni karya wayang dari berbagai gaya. Hal ini juga ingin mengetahui dan Mendapatkan data sebagai pembinaan tindak lanjut dan pengembangan seni anak-anak wayang di masa depan. Berdasarkan kondisi pembelajaran di Pepadistudio, dapat diusulkan beberapa masalah item mendasar, yaitu: Cara Menyelaraskan teknik pembelajaran berdasarkan usia anak-anak yang memiliki bakat untuk seni pedalangan? Bagaimana cara memberikan pembelajaran yang sistematis agar cepat intervensi Ditangkap dan mudah dimengerti? Metode yang digunakan dalam pembinaan dalang Dalang anak atau anak-anak yang bertempat di studio adalah penghargaan pertama Pepadi dan diskusi, serta demonstrasi. metode apresiasi serta diskusi dengan tujuan untuk merangsang semangat peserta untuk mengeksplorasi dan menguasai materi yang diberikan. Kedua, bentuk diskusi yang dilakukan dengan tujuan, bagaimana jika peserta kurang menguasai materi dapat dijelaskan terlebih dahulu sehingga semua peserta dapat mengetahui dan memahami sehingga mereka tidak akan menghambat jalannya pelatihan. Metode demonstrasi dilakukan dengan memberikan contoh bekerja pada Sabet dan penggunaan Pendampingan, serta penempatan dialog, atau dhodhogangending rangka kesatuan pakeliran sesuai dengan pekerjaan pada bermain disajikan. Bentuk demonstrasi dilakukan berulang-ulang, sehingga peserta tidak lupa baik presenter atau pengrawit participants. Juga Selin ingin memahami Ulasan ketentuan mereka sebelum pelatihan, sehingga peserta didik akan lebih mandiri, dan Mudah dievaluasi. Metode Kami diterapkan secara fleksibel, mengingat usia peserta adalah bahwa konstruktor harus selalu bersabar dalam memberikan contoh yang baik dari penggunaan angka dan gerakan yang berhubungan dengan Pendampingan Sabet disajikan. Kata kunci: dalang berbakat, dalang kecil, Karanganyar.
Type: | Article |
---|---|
Not controling keyword: | Dalang kecil, Sanggar Pepadi, Karanganyar, Wayang Kulit |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Pedalangan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Pedalangan |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 28 Dec 2017 05:02 |
Last mod: | 28 Dec 2017 05:02 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1823 |
Actions (login required)
View item |