ANALISA SAJIAN PROGRAM ACARA MY TRIP MY ADVENTURE EPISODE ULANG TAHUN KEDUA DARI SEGI STRATEGI KREATIF

Downloads

Downloads per month over past year

Pambuko, Wahyu Satrio (2017) ANALISA SAJIAN PROGRAM ACARA MY TRIP MY ADVENTURE EPISODE ULANG TAHUN KEDUA DARI SEGI STRATEGI KREATIF. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img] Text
25Wahyu Satrio Pambuko_11148130.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis strategi kreatif yang digunakan program acara My Trip My Adventure TRANS TV pada episode Ulang Tahun Kedua. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan serta menganalisis program acara tersebut. Strategi kreatif pada episode Ulang Tahun Kedua, difokuskan pada 13 elemen yang disebutkan pada buku Naratama, Menjadi Sutradara Televisi, 2013. Strategi kreatif tersebut dimengerti oleh My Trip My Adventure dan dijalankan sesuai teori yang sudah ada. Data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Proses analisis yang terdiri dari beberapa tahapan yang berlangsung secara interaktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Reduksi data digunakan agar hasil wawancara bisa mengerucut kepada penelitian analisa strategi kreatif terhadap program acara. Kemudian penyajian data berupa deskripsi hasil analisa program My Trip My Adventure episode ulang tahun kedua dari segi strategi kreatif yang dimiliki program acara tersebut. Tahapan terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi dilakukan dalam bentuk sajian bagan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya strategi kreatif yang dipakai pada program acara My Trip My Adventure. Hal tersebut terlihat pada konten yang terdapat pada tayangan My Trip My Adventure episode ulang tahun kedua. 13 elemen strategi kreatif meliputi; dari format program, bahasa naskah, target penonton, punching line, gimmick dan funfare, clip hanger, Tune dan Bumper, Tata Busana, Musik atau backsound, Ritme dan birama acara, logo, set up and rehearsal, editing hingga interactive program. Dari ke-tiga belas strategi tersebut program My Trip My Adventure menjalankan dan mengkoordinasi seluruh kerabat kerjanya. Sehingga program My Trip My Adventure menjadi salah satu program unggulan bagi TRANS TV. Serta dapat dijadikan referensi atau acuan bagi program acara lain dengan format program travelling magazine.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Strategi kreatif, Analisis, Format Program,My Trip My Adventure
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 20 Dec 2017 02:12
Last mod: 20 Dec 2017 02:12
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View item View item