Suryani, Endah (2017) MOTIVASI DAN KARAKTERISTIK KARYA SENI LUKIS ANAK PADA SANGGAR PAMONGAN DI TASIKMADU KARANGANYAR. S1 thesis, ISI SURAKARTA.
|
Text
23Endah Suryani.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Endah Suryani, 2017. Motivasi dan Karakteristik Karya Seni Lukis Anak pada Sanggar Pamongan di Tasikmadu Karanganyar. Jumlah hlm: 130. Skripsi, Jurusan Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Pembimbing: Nunuk Nur Shokiyah, S. Ag., M. Si. Skripsi ini menjelaskan tentang seni lukis karya anak pada sanggar komunitas, dengan mengambil karya lukis anak di sanggar Pamongan. Adapun materi yang disajikan dalam skripsi ini meliputi: motivasi anak dalam mengikuti kegiatan pada sanggar Pamongan, karakteristik, bentuk seni lukis karya anak pada sanggar Pamongan, serta tipe seni lukis karya anak pada sanggar Pamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek yang diteliti adalah karya seni lukis anak di sanggar Pamongan. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Validasi yang digunakan adalah teknik triangulasi data dengan memanfaatkan data pendukung, selain wawancara dengan narasumber yang terkait. Analisis data menggunakan anilisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan analisis interaktif untuk menjelaskan tentang proses pembelajaran, sedangkan untuk menjelaskan karakteristik serta tipe seni lukis karya anak di sanggar Pamongan menggunakan interpretasi analisis berdasarkan teori periodesasi perkembangan seni rupa anak dan tipologi seni lukis karya anak oleh Lowenfeld. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Motivasi sebagian besar anak muncul dari rasa senang, nyaman, dan keingintahuan mereka dalam belajar dan berkarya seni, serta dorongan serta motivasi dari orang tua. (2) Karya lukis anak di sanggar Pamongan sesuai yang fungsi teori periodesasi perkembangan seni rupa yang telah dipaparkan oleh Lowenfeld yaitu periode coreng moreng, pra bagan, periode awal realisme. Karya lukis anak di sanggar Pamongan memiliki beberapa tipe yaitu tipe visual, haptik, campuran. Terdapat pula karakteristik atau gaya dan sifat dalam karya lukis anak di sanggar Pamongan berdasarkan tipologi seni lukis. Karakteristik karya lukis anak di sanggar Pamongan bentuk objek, warna, dan tema masih sangat sederhana, dikarenakan pola pembelajaran yang berbeda seperti tidak meniru dari pembimbing. Namun, karya anak di sanggar konvensional dan pendidikan formal kurang terlihat karakter gambar dari setiap anak, karena pola pembelajaran tersebut. Perbedaan karya lukis anak di sanggar Pamongan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu perasaan, usia, pengetahuan, dan pengaruh lingkungan anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Karakteristik, Komunitas, Motivasi, Sanggar Pamongan, Seni Lukis Anak |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 20 Dec 2017 01:42 |
Last mod: | 20 Dec 2017 01:42 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1783 |
Actions (login required)
View item |