JAUZAK, IFKAR (2016) KERAJINAN KERAMIK DESA MAYONG LOR KABUPATEN JEPARA PERIODE 2005 – 2015. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.
|
Text
Ifkar Jauzak.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang keberadaan dan perkembangan kerajinan keramik Desa Mayong Lor Kabupaten Jepara. Sebagian besar masyarakat menggantungkan kebutuhan ekonomi pada kegiatan memproduksi keramik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pendekatan yang digunakan adalah historis dan estetika. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara interaktif, melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan kerajinan keramik Desa Mayong Lor bermakna bagi masyarakat, karena dapat menunjang kehidupan dan mata pencaharian sehari-hari. Perkembangan kerajinan keramik Desa Mayong Lor dibuktikan dengan semakin bertambahnya unit usaha, semakin berkembangnya keteknikan dalam penciptaan produk (pengolahan bahan, pembentukan, pembakaran, dan finishing), pengaruh teknologi yang semakin berkembang, dan teknik pemasaran yang semakin canggih. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk pengrajin hendaknya terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya supaya kerajinan keramik Desa Mayong Lor semakin maju, pengrajin hendaknya terus mengembangkan segi pemasaran melalui internet, dan pengrajin supaya memperbanyak dan mengembangkan ornamen hias untuk memenuhi kebutuhan pasar. Kata kunci : keberadaan,perkembangan,keramik, Desa Mayong Lor
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Keberadaan,perkembangan,keramik, Desa Mayong Lor |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Kriya Seni |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Craft Study Program |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 10 Aug 2017 01:48 |
Last mod: | 10 Aug 2017 01:48 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1502 |
Actions (login required)
View item |