KREATIVITAS MISBAHUDIN DALAM KARYA DANGNGONG

Nugroho, Mukhlis Anton (2014) KREATIVITAS MISBAHUDIN DALAM KARYA DANGNGONG. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Muklis Anton N.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi yang berjudul ”Kreativitas Misbahudin dalam Karya Dangngong” ini berawal dari ketertarikan melihat kreativitas Misbahudin sebagai komponis muda musik kontemporer di Surakarta dan karya-karyanya yang menggunakan instrumen Dangngong. Pada situasi kelesuan perkembangan musik kontemporer di Surakarta, Misbahudin merupakan generasi baru komponis kontemporer yang mampu tampil dengan karakter kekaryaan yang belum banyak dilakukan komponis kontemporer sebelumnya yaitu jalur eksperimen soundscape. Ia berhasil mengangkat Dangngong yang semula perangkat bunyi-bunyian angin yang menempel pada permainan layang-layang menjadi instrumen musik, bagian dari instalasi soundscape, dan pertunjukan musik. Kelahiran karya-karya musik kontemporernya yang menggunakan Dangngong tentunya menyimpan banyak pengetahuan kreativitas yang tentunya berguna bagi perkembangan kajian musik kontemporer. Penelitian ini menggunakan konsep teoritik empat P. Milik Rhodes yang terdapat dalam buku Utami Munandar berjudul ”Kreativitas dan Keberbakatan. Nilai-nilai kreativitas Misbahudin dalam karya-karya Dangngong dianalisis dengan melihat elemen (1) pribadi, (2) proses, (3) faktor pendorong (press), dan (4) hasil. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan etnografis. Hal-hal yang akan dijelaskan dalam penelitian ini adalah (1) wawasan dan perkembangan bunyi-bunyian angin yang meliputi bunyi dalam kehidupan manusia, khasanah bunyi-bunyian angin, kreativitas pengembangan teknologi alat penghasil bunyi angin. Pembahasan ini memiliki kedudukan sebagai pengetahuan dasar untuk menghantarkan pembaca dalam memahami material ekperimentasi soundscape yang dilakukan oleh Misbahudin dan mengetahui kecenderungankecenderungan pola kreativitas dalam bidang kekaryaan ini. (2) Menjelaskan profil kesenimanan Misbahudin dalam perjalanan karirnya. Pengetahuan ini penting disajikan untuk melihat berbagai latar belakang personal, kemampuan kekaryaan, dan kecenderungan kekaryaannya sebelum memproduksi karya Dangngong. (3) menjelaskan dimensi kreativitas Misbahudin yang terkandung dalam pribadi, proses, faktor pendorong, dan hasil karya ketika ia memproduksi karya-karya Dangngong. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, melalui karya Dangngong yang telah diciptakannya menampakkan dirinya sebagai pribadi yang kreatif. Nilai kreativitasnya dapat dilihat dari pribadi yang mampu mengaktualisasikan keinginan berkarya, menjalankan dan membebaskan gagasannya secara penuh, dan terbuka terhadap pengalaman yang dilaluinya. Ia juga menjalani proses kekaryaan secara kreatif mulai dari ber-ide, menggarap musik, dan menentukan konsep penyajian karya. Selain itu, ia juga menggunakan dengan cerdas faktorfaktor internal maupun eksternal yang melingkupi dirinya untuk ketajaman kreativitasnya, pada akhirnya menghasilkan produk yang bernilai kreatif yaitu karya-karya Dangngong. Kata Kunci : Misbahudin, Dangngong, dan Kreativitas

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Misbahudin, Dangngong, dan Kreativitas
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: Mustofa SIP
Datestamp: 06 Oct 2016 04:57
Last mod: 06 Oct 2016 04:57
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View item View item