RESISTENSI PEMUSIK KERONCONG TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MODERN DALAM BIDANG MUSIK (Studi Kasus Orkes Keroncong Norma Nada)

Kuncoro, Tutup (2013) RESISTENSI PEMUSIK KERONCONG TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MODERN DALAM BIDANG MUSIK (Studi Kasus Orkes Keroncong Norma Nada). S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Tutup_Kuncoro.pdf

Download (9MB) | Preview
Official url: http://sipadu.isi-ska.ac.id/sigilib/skripsi/Tutup_...

Abstract

Tutup Kuncoro, Resistensi Pemusik Keroncong Terhadap Perkembangan Teknologi Modern d alam Bidang Musik (studi kasus Orkes Keroncong Norma Nada ). Skripsi, Surakarta: Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Surakarta, 11 Febru ari, 2013 (xv + 102 halaman). Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perkembangan musik keroncong di Indonesia secara umum dan di wilayah Surakarta khususnya, di mana secara spesifik musik keroncong mengalami perubahan maupun pergeseran . Perubahan maupun pergeseran tersebut diakibatkan dari perkembangan teknologi, yang berdampak pada penggantian instrumen dan perubahan struktur musikal dalam musik keroncong. Proses penggantian instrumen musik keroncong dengan instrumen modern, demikian juga per ubahan struktur musikal, memunculka n bentuk -bentuk sikap penolakan akan hadirnya teknologi modern dalam musik keroncong oleh sebagian masyarakat pendukung musik keroncong. Dengan mengambil studi kasus Orkes Keroncong Norma Nada, penelitian ini akan mengungkap gejala -gejala sikap resistensi dari masyarakat subkultur musik keroncong terhadap bentuk pengaruh teknologi modern terhadap musik keroncong, yang dipahami sebagai ancaman dan perusakan orisinil itas musik keroncong itu sendiri. Persoalan yang ingin dijelaskan dalam skripsi ini ad alah : (1) Bagaimana bentuk -bentuk sikap resistensi masyarakat pe musik keroncong terhadap teknologi modern dalam bidang musik ? 2) Apa motif dari sikap resistensi terhadap teknologi modern dalam bidang musik tersebut ? Untuk menjawab persoalan tersebut penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan mengadopsi konsep resistensi . Hasil temuan pada skripsi ini dicapai melalui wawancara dan studi pustaka serta disajikan secara deskrip tif analisis. Berdasarkan h asil analisis yang dilakukan , bahwa dalam perjalanan musik keroncong di Wilayah Solo, Surakarta , terdapat sebuah kelompok subkultur musik keroncong yang mempunyai sikap menolak akan kehadiran teknologi modern dalam musik keroncong. Penolakan tersebut bertolak dari munculnya berbagai pertunjukan mus ik keroncong yang menggunakan instrumen musik modern sebagai pengganti dari instrumen konvensional yang sudah ada. Sikap kebertahanan tersebut mem - punyai landasan argumen yang kuat dalam melatarbelakangi sikap resistensi tersebut. Kondisi demikian memuat a sumsi- asumsi yang mempertanyakan bentuk -bentuk penolakan dari orkes keroncong tersebut, dan juga tentang motif yang melatar belakangi dari sikap -sikap resistensi

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Musik Keroncong
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: Mustofa SIP
Datestamp: 05 Oct 2016 05:06
Last mod: 05 Oct 2016 05:06
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View item View item