APRIZAL, DAMRI (2017) UNSUR-UNSUR GERAKAN PENGANTIN DALAM TARI PAGAR PENGANTIN PADA UPACARA PERNIKAHAN DI KOTA PALEMBANG. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.
|
Text
Damri Aprizal.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Unsur-unsur Gerakan Pengantin Dalam Tari Pagar Pengantin Pada Upacara Pernikahan di Kota Palembang” , diciptakan oleh Hj. Sukainah A. Rojak pada tahun 1960-an. penelitian ini mengkaji Tari Pagar Pengantin dari aspek bentuk, Unsur-unsur gerakan pengantin dan penarinya. Penelitian ini menggunakan tiga landasan teori yaitu Suzzane K. Langer mengenai bentuk, Allegra Fuller Snyder mengenai simbol dan aktivitas ekspresif, dan teori Laban yakni Effort-Shape. Tari Pagar Pengantin ini merupakan jenis penelitian deskriptif struktural (Kualitatif) yang menggunakan penelitian tekstual untuk analisisnya menggunakan analisis bentuk. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa tari merupakan sebuah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan lewat gerak dan di aplikasikan ke dalam masyarakat sebagai pendukung budayanya. Demikian pula yang terdapat pada tari Pagar Pengantin merupakan hasil seni pertunjukan ritual. Tari ini ditarikan oleh lima orang penari yaitu penari utama pengantin sebagai primadona dan ke empat penarinya sebagai dayang, dengan penari utama yaitu pengantin menari di atas nampan yang terbuat dari kuningan emas yang berada di atas pelaminan pengantin sebagai tempat pertunjukan dengan fungsi untuk memberikan sajian kepada tamu undangan. Tari Pagar Pengantin didasarkan pada pendekatan budaya yang mencakup kajian bentuk penyajian dan unsur-unsur gerakan pengantin. Hasil dari kajian ini, ditemukan adanya bentuk dan ciri khas kerinduan pada masa kejayaan kerajaan Sriwijaya. Ekspresi kerinduan itu tewujud dalam busana pada tari Pagar Pengantin yaitu aesan gede untuk pengantin dan aesan pak sangkong untuk penari dayang serta bentuk gerak-gerak yang menyerupai sikap mudra pada arca budha di candi Borobudur. Tari Pagar Pengantin juga mengungkapkan ucapan terimah kasih dari pengantin kepada kedua orang tua dan sanak keluarga dalam hal ini terpaparkan dalam syair lagu tari Pagar Pengantin yang ciptakan oleh Yulius Toha, serta syair ini mengungkapkan pelepasan sang pengantin perempuan dari masa lajang atau gadis yang memasuki dunia rumah tangga yang baru. Hasil pembahasan skripsi ini menunjukan bahwa wujud tari Pagar Pengantin merupakan media penghormatan tuan rumah terhadap tamu undangan yang datang. Terlihat pada gambaran unsur-unsur gerakan pengantin yang banyak melakukan gerakan sembahan, dan didukung oleh properti nampan tempat berdirinya pengantin menari dan kuku (tanggai), sebagai ciri khas tari penyambutan tamu di Sumatera Selatan. Kata Kunci : Bentuk, Unsur-unsur gerakan, Tari Pagar Pengantin.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Bentuk, Unsur-unsur gerakan, Tari Pagar Pengantin. |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Tari |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Dance |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 01 Aug 2017 03:48 |
Last mod: | 01 Aug 2017 03:48 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1334 |
Actions (login required)
View item |