METODE PENGAJARAN MUSIK WEST BROTHER MUSIC STUDIO SOLO

Downloads

Downloads per month over past year

Kurniawan, Didik Wahyu (2013) METODE PENGAJARAN MUSIK WEST BROTHER MUSIC STUDIO SOLO. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Didik_Wahyu_Kurniawan.pdf

Download (15MB) | Preview
Official url: http://sipadu.isi-ska.ac.id/sigilib/skripsi/Didik_...

Abstract

Didik Wahyu Kurniawan NIM 04112101. Metode Pengajaran Musik West Brother Music Studio Solo . Skripsi Jurusan Etnomusikologi, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Surakarta, 2013, Isi x + 89 halaman + halaman lampiran . Skripsi dengan judul “Metode Pengajaran Musik West Brother Music Studio Solo ” merupakan kajian yang memfokuskan kajiannya ada pada persoalan metode pengajaran musik . Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengungkap bagaimana metode pengajaran musik t erbentuk dan bagaimanakah dampak dari penggunaan metode pengajaran tersebut . Asumsi yang dibangun dalam penelitian ini adalah bahwa metode pengajaran yang digunakan West Brother Music Studio Solo terbentuk melalui beberapa hal yang kemudian memberikan dampak pada keberlangsungan proses belajar mengajar di West Brother Music Studio Solo itu sendiri. Beberapa hal yang dimaksud adalah penentuan konsep beserta latar belakangnya , pembagian metode pengajaran, dan hasil dari metode pengajaran tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data diperoleh melalui metode wawancara mendalam disertai dengan studi pustaka terhadap sumber pustaka yang terkait langsung terhadap tema kajian. Hasil pengolahan data selanjutnya dipaparkan secara deskriptif. Sedangkan m etode analis is dilakukan dengan jalan mengurai terlebih dahulu data kemudian mengklasifikasikannya , dan dianalisis dengan mendasarkan pada landasan teoritis yang digunakan. Landasan teoritis mengacu pada Jazuli yang menyebutkan bahwa pendidikan non formal memiliki metode pengajaran sendiri. Konsep metode pengajaran yang digunakan West Brother Music Studio dibagi menjadi tiga; metode dasar , metode lanjutan, dan metode intermediate . Penentuan konsep tersebut mengandung empat unsur ; perencanaan metode, isi mat eri, capaian yang diharapkan, dan evaluasi. Latar belakang penentuan konsep metode pengajaran tersebut didasarkan pada kondisi siswa, waktu kursus, biaya kursus, profil pengajar, kondisi fisik bangunan gedung tempat kursus, dan kondisi instrumen yang digunakan untuk proses pengajaran. Proses penyelenggaraan metode pengajaran yang diambil sebagai contoh adalah proses pengajaran alat musik drum. Hasil yang dicapai dalam penulisan ini pada masih bertahannya West Brother Music Studio sampai sekaran g. Kata Kunci : Metode Pengajaran Musik, West Brother Music Studio

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Metode Pengajaran Musik, West Brother Music Studio
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 05 Oct 2016 05:06
Last mod: 05 Oct 2016 05:06
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View item View item