EKSPRESI MUSDALIFAH ASROFI DAN NIKEN AYU UTAMI SISWA TUNARUNGU-WICARA DALAM TARI MERAK

Downloads

Downloads per month over past year

Utari, Retno (2017) EKSPRESI MUSDALIFAH ASROFI DAN NIKEN AYU UTAMI SISWA TUNARUNGU-WICARA DALAM TARI MERAK. S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Tesis Retno Utari.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

INSTISARI “EKSPRESI MUSDALIFAH ASROFI DAN NIKEN AYU UTAMI SISWA TUNARUNGU-WICARA DALAM TARI MERAK” merupakan fenomena yang menarik untuk dikaji bahwa siswa tunarunguwicara bisa menari dengan mengikuti musik yang ada, sementara sebetulnya mereka tidak bisa mendengar musik itu. Bagaimana proses pembelajaran dan bentuk ekspresi mereka menarik untuk di kaji. kajian ini akan diarahkan pada Musdalifah Asrofi dan Niken Ayu Utami dikarenakan kedua siswa tersebut memiliki kemampuan menari lebih bagus dibandingkan siswa yang lain di SLB B YPSLB Gemolong. Kemampuan menari tersebut meliputi keluwesan, hafalan, bentuk, dan kesesuaian gerak dengan irama. Penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran mereka menggunakan pola imitatif dan informatif (peragaan dengan meniru dilengkapi dengan berbagai penjelasan) dengan metode drill dilaksanakan secara klasikal untuk kemudian mengkomunikasikan, mengenangkan kembali, melaksanakan dan menciptakan bentuk dalam tubuh penari yang mampu mereaksi, merespons, berinteraksi, dan menyapa dengan “kecerdasannya” terhadap elemen-elemen estetis. Kekhususan metode terletak pada sistem isyarat sebagai sarana instruksional baik untuk komunikasi bahasa sehari-hari maupun isyarat untuk penyebutan nama-nama ragam gerak pada tari Merak. Dalam penerapannya pengajar menerapkan lima tahap metode yakni: pengenalan gerak, metode imitasi melalui sistem cermin, metode driil, penghayatan ritme melalui hitungan, dan interaksi dengan siswa melalui sentuhan. Bentuk dan ekspresi tari Merak yang disajikan sepintas tidak jauh berbeda dengan penari Merak pada umumnya bahwa terlihat penari sangat percaya diri dalam membawakannya. Peran isyarat sangat tampak pada perubahan setiap vokabuler tari. Penari sangat terpaku pada isyarat yang diberikan oleh gurunya. Isyarat berpengaruh sangat penting pada bentuk ekspresi pada tari Merak yang disajikan. Untuk musik karena siswa tidak mendengar jadi irama tidak selalu pada mungkus.

Type: Thesis (S2)
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Pascasarjana
Datestamp: 04 Apr 2017 02:59
Last mod: 04 Apr 2017 02:59
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View item View item