ESTETIKA BEDHAYA SI KADUK MANIS KARYA AGUS TASMAN RANAATMADJA

Dewi, Maharani Luthvinda (2014) ESTETIKA BEDHAYA SI KADUK MANIS KARYA AGUS TASMAN RANAATMADJA. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Maharani Lutvinda Dewi.pdf

Download (10MB) | Preview
Official url: http://sipadu.isi-ska.ac.id/sigilib/skripsi/Mahara...

Abstract

v INTISARI Penelitian ini di latarbelakangi oleh asumsi dasar, bahwa tari “Bedhaya Si Kaduk Manis” karya Agus Tasman Ranaatmadja merefleksikan estetika menurut perspektif penciptanya. Estetika itu berupa parameter nilai yang dipahami dan dimiliki oleh Agus Tasman Ranaatmadja, berdasarkan pengalaman empiris yang mengacu pada paham nilai-nilai estetika tradisi yang terdapat pada ilmu tari Jawa, khususnya tari bedhaya . Persoalan yang ingin dijelaskan dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana bentuk koreografi tari “Bedhaya Si Kaduk Manis” karya Agus Tasman Ranaatmadja; (2) bagaimana estetika tari “Bedhaya Si Kaduk Manis” karya Agus Tasman Ranaatmadja. Untuk menjawab persoalan tersebut, penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan mengadopsi konsep estetika sebagai pisau analisis yaitu konsep estetika tari Jawa Hastha Sawanda, Mungguh, Sengguh, Lungguh, dan konsep estetika yang dikemukakan oleh Jakob Sumardjo, seni sebagai ekspresi dan nilai. Hasil temuan pada skripsi ini dicapai melalui wawancara dan studi pustaka serta disajikan secara deskriptif. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan estetika tari “Bedhaya Si Kaduk Manis” dihasilkan melalui penggarapan bentuk-bentuk sekaran atau vokabuler gerak yang terjalin secara utuh dalam struktur tari. Keterkaitan sekaran satu dengan yang lain pelaksanaan geraknya digarap tidak terputus atau banyu mili . Selain itu, pencapaian gerak banyu mili juga dihadirkan melalui bentuk sekaran baru yang di garap oleh Agus Tasman Ranaatmadja. Estetika tari “Bedhaya Si Kaduk Manis” merupakan bentuk pemahaman estetika Agus Tasman Ranaatmadja, yang berpijak dari konsep tari Jawa. Struktur tari “Bedhaya Si Kaduk Manis” terbentuk tidak hanya berdasarkan jalinan gerak, namun juga merupakan satu kesatuan dengan penggarapan karawitan tari, yang meliputi penggarapan tempo, irama gerak yang sesuai dengan dinamik dan seleh lagu , serta penggarapan rias busana. Dengan demikian pembahasan estetika tari “Bedhaya Si Kaduk Manis” mencakup pembahasan berbagai elemen yang digunakan di dalam tari “Bedhaya Si Kaduk Manis”. Kata Kunci : tari bedhaya, rekoreografi, koreografer, estetika.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: tari bedhaya, rekoreografi, koreografer, estetika.
Subject: 1. ISI Surakarta > Tari
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Dance
User deposit: Mustofa M SIP
Datestamp: 28 Sep 2016 05:49
Last mod: 28 Sep 2016 05:49
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View item View item