Mustaqin, Khairul (2014) ORNAMEN LIONG PADA ATAP KELENTENG DI JAWA TENGAH DAN DIY: STUDI KASUS KELENTENG TAY KAK SIE, KELENTENG TIEN KOK SIE, DAN KELENTENG TJEN LIONG KIONG. S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.
|
Text
Tesis Khairul Mustaqin.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis yang berjudul “ORNAMEN LIONG PADA ATAP KELENTENG DI JAWA TENGAH DAN DIY: STUDI KASUS KELENTENG TAY KAK SIE, KELENTENG TIEN KOK SIE, DAN KELENTENG TJEN LIONG KIONG” difokuskan pada kajian atas perbedaan dan persamaan bentuk ornamen Liong di atap Kelenteng Tay Kak Sie, Kelenteng Tien Kok Sie, dan Kelenteng Tjen Liong Kiong; faktor pembentuk ornamen Liong di atap Kelenteng Tay Kak Sie Semarang, Kelenteng Tien Kok Sie Surakarta, dan Kelenteng Tjen Liong Kiong Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, sehingga mampu menyajikan hasil yang mendalam dan mudah dipahami. Bentuk ornamen Liong di atap Kelenteng Tay Kak Sie, Kelenteng Tien Kok Sie dan Kelenteng Tjen Liong Kiong adalah karya tiga dimensi, dengan teknik pembuatan simplifikasi dan deformasi. Tekstur ornamen patung Liong terdiri dari tiga jenis, tekstur halus, halus bergelombang, dan kasar. Warna ornamen Liong di atap Kelenteng Tay Kak Sie sebagian besar ialah warna tersier, di Kelenteng Tien Kok Sie dan Kelenteng Tjen Liong Kiong mempunyai warna primer dan sekunder. Posisi ornamen Liong di atap Kelenteng Tay Kak Sie saling berhadapan frontal, di Kelenteng Tien Kok Sie dan Kelenteng Tjen Liong Kiong saling berjauhan. Gaya ornamen Liong di Kelenteng Tay Kak Sie dan Kelenteng Tien Kok Sie adalah gaya imitatif ekspresi, di Kelenteng Tjen Liong Kiong adalah gaya dekoratif. Ekspresi ornamen Liong di Keleteng Tay Kak Sie condong ke arah perseteruan, di Kelenteng Tien Kok Sie dan Kelenteng Tjen Liong Kiong condong ke arah atraktif. Faktor pembuatan dan perbedaan ornamen Liong di atap kelenteng tersebut, yaitu faktor seniman, kebudayaan, pengaruh Dinasti Ming, lokasi, dan spiritualitas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perbedaan ornamen, muncul karena pengaruh seniman, latar belakang kebudayaan Tiongkok, yaitu konsep estetika ajaran Tao, pengaruh perkembangan Liong zaman Dinasti Ming, lokasi kelenteng, dan pengalaman spiritualitas orang-orang Tionghoa tentang eksistensi Liong. Kata kunci: Kelenteng, Liong, Tionghoa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Divisions: | Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2) |
User deposit: | Pascasarjana |
Datestamp: | 28 Feb 2017 04:39 |
Last mod: | 28 Feb 2017 04:39 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1046 |
Actions (login required)
View item |