PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KELURAHAN BALUWARTI SEBAGAI KAMPUNG WISATA BUDAYA DI SURAKARTA

Much. Sofwan Zarkasi, Asmoro Nurhadi Panindias

Abstract


Untuk mencapai tujuan sebagai kampung wisata budaya, dibutuhkan branding agar Baluwarti tertata dan terarah, memiliki satu tujuan, satu gaya, satu visual sehingga memiliki brand image atau citra di benak target konsumen. Tujuan dari kekaryaan seni ini adalah untuk memecahkan masalah dalam merancang destination branding identitas visual Baluwarti sebagai Kampung Wisata Budaya dengan menguatkan image tradisional dan klasik melalui media komunikasi visual. Perancangan ini menggunakan pendekatan A-A Procedure sebagai pentahapan komunikasi persuasif mulai dari usaha membangkitkan perhatian (attention) kemudian berusaha mempengaruhi orang untuk melakukan kegiatan (action) seperti yang diharapkan. Kemudian dalam mendapatkan data karakter kawasan Baluwarti    digunakan teori dari Kevin Lynch yang menyebutkan 5 elemen yang membentuk kawasan yaitu Path (jalur), Edge ( tepian ), District (kawasan), Nodes (simpul), Landmark (Tetenger) dan selain itu juga data dari Consumers journey (pengamatan kunjungan konsumen). Produk perancangan yang dihasilkan, berupa prototype pedoman sistem identitas termasuk eksplorasi dalam perancangan nama, logo, warna, tipografi berupa logo Baluwarti dan nama kampung di kawasan Baluwarti yang menjadi bagian rangkaian sistem identitas. Penguatan image tradisional menjadi acuan utama dalam perancangan ini mengingat Baluwarti masuk dalam kawasan Kraton Kasunanan Surakarta yang masih menjunjung tinggi nilai tradisi, diharapkan akan menunjukan keunikan, kekhasan dan kekuatan dari Baluwarti.

 

Kata kunci : Identitas visual, destination branding, Baluwarti


Full Text:

PDF

References


A, Yoeti, Oka. Edisi Revisi 1996,

Pengantar Ilmu Pariwisata,

Penerbit Angkasa, Bandung.

Adityawan, Arif dan Tim libang

Concept. Tinjauan Desain

Grafis. PT. Concept Media,

Jakarta. 2010

Gustami SP. Butir-Butir Mutiara

Estetika Timur, Ide Dasar

Penciptaan Seni Kriya Indonesia , 2007 hal 258, Penerbit

Prasista, Yogyakarta

Haryati, Sophia Ratna Rr.

Semiotika Ruang Sebagai

Unsur Pembentuk Struktur

Permukiman Tradisional Baluwarti Di Keraton Surakarta,

Program Pascasarjana Fakultas Teknik Arsitektur Ugm,

Yogyakarta, 2014 , Tesis

Karjoko, Lego. Mimbar Hukum

volume 21, nomor 1, Februari

Lynch, Kevin (1960), The Image of The City, MIT Press, Cambridge.

Philip Kotler. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan,

Implementasi, dan Pengendalian) Jilid II Cetakan kelima.

Penerbit Erlangga, Jakarta,

Rajiman. Toponimi Kota Surakarta.

Medio: Surakarta, 2002

Sanyoto, Sadjiman Ebdi, Drs. Metode Perancangan Komunikasi

Visual Periklanan, Dimensi

Press. Yogyakarta. 2006

Sumber Lain

Harto, Syafri. Kajian Wisata Budaya

Terpadu Dalam Rangka Meoptimalkan Potensi Lokal

dalam Meningkatkan Daya

Saing Bangsa (Optimalisasi

Wisata Kawasan Muara Takus, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau). http://repository.

unri.ac.id

Koran O, 28 Maret 2014

Menparekraf: warisan budaya

adalah daya tarik wisata,

(http://www. antaranews. com

, 26 Januari 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.